Bedah Sekilas Novel Tentang Kamu

Oleh: Endah Octaningrum Wahani Sejati

Liburan di weekend ini sengaja perpustakaan daerah menjadi tempat tujuan. Novel warna jingga ini tak sengaja terpandang. Berpikir sejenak antara sudah baca atau belum karena jujur agak kurang update dalam membaca apalagi membeli novel karangan Tere Liye. Membaca sekilas daftar isi dan melihat identitas bukunya, ternyata ini karangan baru beliau, novel 2016. Buku ini otomatis langsung saya pinjam, tidak sampai dua hari novel ini khatam dibaca.

Sama halnya novel-novel karangan Tere Liye lainnya yang selalu menyuguhkan kisah yang seru, tak terduga, serta inspiratif. Tentu novel ini memiliki quote yang menasehati tanpa menggurui. Bahasan sejarah seperti peristiwa partai komunis dan sejarah Jakarta tempo dulu dibahas dengan sudut pandang yang ringan membuat novel ini makin ciamik. Novel ini mengambil atmosfer berbeda karena latarnya luar negeri, tidak hanya di Indonesia. Untuk novel Tentang Kamu mirip-mirip cerita detektif dengan misi mengumpulkan, menyusun lalu mengaitkan kepingan-kepingan puzzle misteri. Intinya novel ini mampu mengaduk-aduk perasaan pembaca. Cocok dibaca untuk kalangan apa saja. Silahkan menikmati resensi dari saya.

Buku Tentang Kamu karya Tere Liye


Identitas Buku
Judul Buku: Tentang Kamu
Penulis: Tere Liye
Tebal Buku: vi + 524 halaman
Penerbit: Republika Penerbit, Jakarta
Tahun Terbut: Oktober 2016

Sinopsis

Jagoan dalam cerita ini berprofesi sebagai pengacara firma hukum London Thompson & Co di Belgrave Square berasal dari Indonesia, Zaman Zulkarnaen. Dia mendapatkan misi besar yaitu mencari ahli waris dari seorang wanita tua yang memiliki kekayaan 1% dari perusahaan multinasional yang sekiranya diuangkan dalam rupiah adalah 19 triliyun. Wanita tua itu bernama Sri Ningsih berasal dari Indonesia, meninggal saat tinggal di panti jompo dekat menara Eifel. Zaman dibekali buku diary yang diberi petugas panti untuk menelusuri jejak-jejak kehidupan Sri Ningsih. Disinilah petualangan Zaman dimulai.

Diary wanita itu berisi lima bagian, kalau di novel ini disebut juz. Juz pertama tahun 1946 – 1960 tentang kesabaran, latar cerita kita akan menjelajahi Pulau Bungin yang ada di Sumbawa, kehidupan para nelayan yang tidak asing dengan namanya pantai, perahu, ikan, beserta rumah panggung. Disini akan disaksikan masa kecil Sri Ningsih yang penuh dengan keharuan. Bersabarlah setiap perkara.

Juz kedua tahun 1961-1966 tentang persahabatan, menceritakan euphoria persahabatan yang indah yang seriringnya waktu berubah menjadi penghianatan karena adanya kedengkian yang begitu dalam. Kisah ini juga bertepatan dengan tahun peristiwa komunis sedang bergejolak.

Juz ketiga tahun 1967 – 1979 tentang keteguhan hati. Jatuh bangunnya Sri dalam belajar berbisnis, membangun bisnis dan selalu berinovasi, keteguhan hati Sri ditempa sehingga perusahaan mampu dimiliki. Diceritakan juga secara singkat sejarah Jakarta tempo dulu seperti monas di kelilingi rerumputan, kerbau-kerbau yang bersliweran, asal mula dijuluki pedagang kaki lima, dan lain-lain.

Juz keempat tahun 1980 – 1999 tentang cinta. Sri selalu ingin menyakinkan diri bahwa pemuda itu mencintainya ketika mengetahui pengorbanannya.  Kisah cinta sejati, Sri bertemu dengan Hakan pemuda Turki. Kisah cinta sederhana yang diakhir kebersamaan terungkap sebegitu besar pengorbanan pemuda itu.

Juz terakhir tahun 2000 – sekarang tentang memeluk semua rasa sakit. Mengisahkan perjalanan Sri yang bermigrasi dari London ke Paris dan akhirnya meninggal di panti jompo. Bagian ini Sri akhirnya bisa menerima dengan lapang segala kejadian yang menimpa dirinya.

Mengenai tokoh bernama Zaman Zulkarnaen hanya sebagai perantara walaupun dia juga jagoan dalam tokoh ceria ini. Disini kisah cerita Zaman diceritakan tidak terlalu mendetail nampun cukup jelas dan menambah informasi kisah lainnya.

Kelebihan Novel
Alur cerita yang tidak mudah tertebak sehingga membuat pembaca merasa tegang hingga penasaran dengan kelanjutan cerita selanjutnya. Penggunaan bahasa Tere Liye yang selalu mengalir dan menghanyutkan bahkan menenggelamkan pembaca. Terdapat banyak nasehat kehidupan yang tidak menggurui.

Kekurangan Novel
Novel ini hampir minim kekurangan, hanya saja sinopsis dibelakang cover buku belum mampu menggambarkan isi dari keseluruhan cerita. Pembaca bisa saja tidak langsung tertarik ketika hanya membaca sekilas sinopsis tersebut.

Sekian resensi novel Tentang Kamu karya Tere Liye dari saya. Semoga segera tertarik untuk membaca bukunya dan semoga bermanfaat. Terima kasih.


Muntilan, 31 Oktober 2017

0 komentar:

Posting Komentar