Kuucapkan Bye pada Kamu yang Jahat

Pernah suatu ketika seorang teman berkonsultasi dengan dokter kecantikan, konklusinya wajah didiagnosis dokter mengalami iritasi karena jamur, astagaaah... mau bilang jerawat aja pakai istilah jamuran, seperti terlihat sedang mengalami penyakit kudisan, panuan, korengan akibat jamur, hahay... 

Oke, kembali masalah jerawat, kita gunakan istilah famous aja ya yaitu jerawat bukan jamuran, kenapa sih wajah bisa terserang jerawat? Nah ternyata jerawat muncul karena faktor genetika yang kita miliki, kelebihan hormon , kelebihan minyak di wajah karena pori-pori besar, pertumbuhan bakteri pada kulit wajah, terlalu sering terpapar sinar matahari langsung, kurang pandai menjaga kebersihan wajah atau masalah galau percintaan (bwahh!).

Ternyata banyak hal yang menyebabkan timbulnya jerawat, disini saya mencoba mengulas berkaitan pori-pori wajah yang besar.
Kenapa sih Tuhan kudu ciptain pori-pori di wajah kalau ternyata buat wajah kamu jerawatan. Eitss... pori-pori itu fungsinya buat sirkulasi minyak yang ada di wajah agar wajahmu tidak terlihat kering dan sebagai jalan toksin keluar. Gak perlu risau girls mau bertahan apa melenyapkan, kayak buah simalakama aja ya, disatu sisi ada negatifnya tapi sisi manfaatnya juga ada. Kita sepakatin aja di awal bahwa yang baik-baik pertahanin, ya buruk tenggelamkan, (ini mahh cucok buat hamba-hamba PHP, ahaha...).



Jerawat timbul salah satu akibat dari besarnya pori-pori  tak sesuai dengan normal pori-pori yang ada. Kita bisa kok mengantisipasi membesarnya pori-pori yang ada di wajah kita dengan cara-cara murah meriah yaitu senantiasa membersihkan kulit wajah secara teratur dengan sabun muka sesuai jenis kulit atau yang ada scrubnya, olahraga, menjaga pola makan yang sehat dan merawat kulit dengan cara-cara maupun bahan yang mudah diperoleh. Gimana tuh merawat kulit dengan cara-cara dan bahan yang mudah diperoleh. Yukk kita bisa jajal dipraktekin salah satu tips-tips mudah dan kaya akan manfaat demi tujuan wajah cling cling kita girls. Cuss...

1. Dengan Es Batu

Cuaca panas minum teh, sirup, perasan jeruk dicemplungin es batu, duhh nyessh seger ya. Karena sifat dinginnya mampu menyegarkan tenggorokan ternyata dapat mengecilkan pori-pori di wajah dengan cepat dan alami. Es batu dapat mengencangkan pori-pori kulit dan mengontrol produksi sebum (kelenjar minyak) di kulit.

Pastikan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggosokkan es batu ke wajah agar kotoran di wajah tidak menyumbat pori-pori wajah yang akan dibersihkan.

Cara perawatan dengan es batu:
aMenyediakan 1 bungkus Es batu
aBungkus dengan kain katun
aTempelkan es batu yang telah dibungkus tersebut pada bagian wajah
aMenggosok pada permukaan kulit lembut dan merata ke wajah selama 15-30 menit
aLakukan cara ini setiap pagi setelah bangun tidur

2. Dengan Baking Soda
Baking soda membantu menghilangkan sel kulit mati dan dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori di wajah, selain itu juga bekerja sebagai agen pengelupasan yang menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit Anda.

Pastikan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan pasta baking soda ke wajah dengan sabun cuci muka sesuai jenis kulit.

Cara perawatan dengan baking soda:
aCampur 2 sendok makan baking soda dengan air sehingga menjadi pasta.
aOleskan pasta pada wajah dan pijat dengan gerakan melingkar.
aDiamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air dingin.

3. Dengan masker mentimun

Mentimun mengandung air yang cukup tinggi, kandungan air inilah yang bersifat dingin dan mampu meringkas pori wajah kamu. Selain membantu mengecilkan pori wajah secara alami, masker timun juga cukup berkhasiat untuk mengatasi komedo dan minyak berlebih.

Pastikan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan masker mentimun ke wajah dengan sabun cuci muka sesuai jenis kulit.

Cara perawatan dengan masker timun:
aSediakan dulu 1-2 buah mentimun (bisa secukupnya)
aLalu haluskan mentimun dengan menggunakan blender/parut
aUsahakan jangan kupas dan buang isi mentimun ketika menghaluskan.
aOleskan masker mentimun tadi keseluruh bagian wajah secara merata
aBeri pijatan lembut secara melingkar selama kurang lebih 10-15 menit.
aBiarkan masker tersebut bekerja selama 30-45 menit
aLalu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih sempurna.

4. Dengan masker tomat

Tomat mengandung vitamin A, C, dan E yang cukup terkenal mampu merawat kecantikan kulit.

Pastikan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan masker tomat ke wajah dengan sabun cuci muka sesuai jenis kulit.

Cara perawatan dengan masker tomat :
aSediakan 1-2 buah tomat yang masih segar
aCuci bersih buah tersebut dengan air dingin
aLantas haluskan bersama dengan biji-bijinya (bisa diblender).
aOleskan masker secara merata keseluruh bagian wajah
aTepat pada bagian pori yang besar beri pijatan lembut selama 10 menit
aDiamkan masker tersebut bekerja selama 45-60 menit
aSelanjutnya bilas dengan air hangat dan susul air dingin sampai bersih.


Dan masih banyak lagi bahan-bahan lainnya seperti menggunakan oatmeal, lemon, madu, pisang, buttermilk, apel, pepaya, almond, susu, yoghurt, tapi enakan di makan deh daripada ditempel di wajah, ntar lidahnya menjulur-julur sambil celamitan ngemilin, ahay... dan juga lebih mahal. Mari hemat selagi masih bisa cantik. Dan hal terpenting yaitu harus disiplin. Rajin dan teratur ya girls merawat wajahnya. Dan tips ampuh dunia akhirat buat memperkece wajah yaitu seminimal mungkin basuhlah dengan AIR WUDHU. Semoga dengan pori-pori mengecil tak akan ada lagi jerawat berani mampir dan menambah rasa percaya diri kamu girls. Ucapkan salam perpisahan pada jerawat, “Bye… kamu yang jahat”. Semoga bermanfaat.

Kamus ala ala:
Jajal: coba-coba alias trial and eror

Jogja, 26 April 2016
Endah Octa Sejati

#Latepost
#Tipstips

0 komentar:

Posting Komentar